Teknologi
#bajaringan atau #bajaHi-TenG550, mnrt Ensiklopedia Encharta sudah
ditemukan sejak 1950-an & digunakan untuk konstruksi bangunan.
#rangkaatap
#bajaringan
atau #bajaHi-TenG550 adalah baja berkualitas tinggi yg bersifat ringan
& tipis dimana khusus untuk produk struktural seperti #rangkaatap
haruslah dgn tegangan tarik tinggi (G-550).
Sdgkn
utk berbagai produk home appliances diperlukan #bajaringan dgn tegangan
tarik lebih rendah (G300, G250, dll) yg lebih lentur & lunak
sehingga lebih mudah dibentuk.
#bajaHi-TenG550
bisa diartikan sebagai baja yg mempunyai derajat kekuatan tarik 550 MPa
(Mega Pascal). Uji kualitas #bajaHi-TenG550 hanya dapat dibuktikan di
laboratorium.
Karena
tingkat kualitas & kuat tariknya tinggi, tak heran jika
#bajaHi-TenG550 lebih tipis & ringan dibandingkan baja konvensional.
Sistem kerja rangkaian #bajaHiTenG550 ini menggunakan analisa teori Newton tentang gerak statika tarik & tekan.
Elemen Profil baja ringan :
1. kuda-kuda
atau rangka utama, profil baja ringan ini biasanya berbentuk "C" &
memiliki ukuran yg lebih besar. Untuk mendapatkan kuda-kuda yg
kokoh,cermati lebar bentangan & besar beban yg akan
diterima,demikian pula dgn derajat kemiringan atap. Ketebalan material
baja ringan untuk kuda-kuda & web berkisar 0,65-1,05 mm TCT (Thickness after Coated).
Perhitungan kuda-kuda baja ringan amat berbeda dgn kayu,yakni cenderung
lebih rapat. Semakin besar beban yg harus dipikul,jarak kuda-kuda
semakin pendek. Misalnya,untuk genteng dgn bobot 75 kg/m2, maka jarak
kuda-kuda menjadi 1,2 m. Perhitungan ini pun masih dipengarahui banyak
faktor.
2. Se&gkan
reng ialah pengikat kuda- kuda yg posisinya melintang di atas
kuda-kuda, serta mengikat kuda-kuda tersebut hingga membentuk suatu
kerangka yg kokoh. Lempengan reng adalah profil yg paling kecil bentuk
& ukurannya. Fungsinya sebagai penahan genteng atau jenis atap
lainnya & sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih
rapi & lebih "mencengkeram". Ketebalan material reng berkisar antara
0,4 – 0.5 mm BMT (Base Metal Thickness).
3. Asesoris tambahan seperti : talang jurai dalam, dudukan listplank, & flashing
Lapisan tahan karat :
Material baja harus dilapisi perlindungan terhadap serangan korosi, dua jenis lapisan tahan karat (coating):
Galvanized (Z220)
Material baja harus dilapisi perlindungan terhadap serangan korosi, dua jenis lapisan tahan karat (coating):
Galvanized (Z220)
Pelapisan Galvanized
Jenis Hot-dipped continuous
Kelas Z22 ketebalan pelapisan 220 gr/m2
komposisi 95% zinc, 5% bahan campuran
Galvalume (AZ100)
Pelapisan Zinc-Aluminium
Jenis Hot-dipped-allumunium-zinc
Kelas AZ100 katebalan pelapisan 100 gr/m2
komposisi 55% alumunium, 43,5% zinc & 1,5% silicon.
Koneksi Rangka Kuda -kuda #bajaHiTenG550 di Tumpuan :
Pada dasarnya rangka kuda-kuda #bajaHiTenG550 harusnya bertumpu langsung pada balok sehingga beban dari struktur atap rumah atau genteng langsung di pikul oleh balok .
Akan tetapi karena kondisi yg terjadi di lapangan pemasangan rangka kuda-kuda #bajaHiTenG550 untuk terhubung dgn balok memerlukan koneksi .
Beberapa cara dilakukan oleh fabrikator #bajaHiTenG550 untuk menghubungkan rangka kuda-kuda baja ringan ini dgn balok melalui antara lain sebagai berikut :
1. Sambungan rangka kuda-kuda dgn L braket . Penyambungan rangka kuda-kuda #bajaHiTenG550 dihubungkan
dgn screw. Sedangkan L braket terhubung ke balok memakai dinabolt .
Mengenai jumlah screw tergantung dari pembebanan yg dihitung & hasil
dari perhitungan dari engineer.
2. Penyambungan dgn siku dibentuk dari #bajaHiTenG550 yg
dibentuk menyerupai L braket . Prinsip penghubung ini sama dgn L braket
. Akan tetapi dgn menggunakan bahan ini apabila memakai bahan yg tdk
terpakai dari sisa-sisa truss maka bahan dapat lebih murah / hemat .
3. Koneksi berbentuk huruf U atau V. koneksi ini dipakai pada pemasangan rangka kuda-kuda #bajaHiTenG550 yg berbentuk setengah kuda-kuda atau yg menempel pada dinding vertical. Kuda-kuda #bajaHiTenG550 di klem dgn koneksi ini kemudian di dinabolt ke dinding
Pemasangan L braket ini biasanya dilakukan waterpass terlebih dahulu agar pemasangan #bajaHiTenG550 benar-benar flat & baik .
self drilling screw
Untuk sambungan pada baja konvensional atau baja berat dipakai sambungan las & sambungan mur baut . Untuk #bajaHiTenG550 sambungan antara truss satu dgn truss lain di pakai self drilling screw (SDS) .
Pemakaian
screw ini disarankan sekali pakai saja sebab apabila dipakai
berulang-ulang maka drat dari SDS kemungkinan sudah rusak . Screw ini
bila dipakai berulang-ulang ketajaman dari mata screw sudah berkurang .
Perkuatan pada sambungan ini sangat penting sebab pada sambungan inilah kekuatan dari struktur atap #bajaHiTenG550. Apabila ada screw pada sambungan yg kendor maka kekuatan sambungan jadi berkurang .
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memasang screw (SDS) #bajaHiTenG550:
1. jangan sampai berputarnya mata bor pada waktu memasang screw terlalu banyak sebab hal ini bisa membuat screw #bajaHiTenG550 jadi kendor .
2. jumlah baut pada sambungan tdk boleh kurang dari 2 buah atau ditentukan oleh desain engineer struktur #bajaHiTenG550 &
dipengaruhi juga gaya batang dari truss baja ringan tersebut atau beban
yg berada diatas kuda-kuda dari rangkaian atap baja ringan tersebut.
Baut Rangka #bajaHiTenG550 yg bagus:
1. mempunyai Lapisan Coating Aluminium.
1. mempunyai Lapisan Coating Aluminium.
2. Baja bermutu
3. Daya kunci baut tersebut
4. Dilengkapi dgn karet EPDM untuk membantu penguncian & proteksi terhadap korosi di area lubang baut
Info Lebih Lanjut KLIK DISINI
Kontak
MEGATruss Global
Office & Showroom : Jl. Mayjend Sungkono, Citra Garden City / Ciputra, Blok P1. No.4 - Kota Malang
Workshop & Factory di Surabaya : Pergudangan Mutiara Margomulyo Indah Blok A-37, Kota Surabaya
Workshop di Kediri : Badas, Pare - Kediri
Workshop di Ponorogo : Desa Kradinan kecamatan Dolopo Ponorogo
Phone :
Telkomsel : 0853 3443 9900 (Call, SMS, WhatsApp, Line)
Indosat : 0856 55 40 0004 (Call, SMS, WhatsApp)
XL / Axis : 087 888 48 5050 ( Call, SMS)
Phone & Fax : 0341 - 754253
Email : megatrussglobal@yahoo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar